Rabu, 18 Februari 2009

rekayasa perangkat lunak aplikasi multimedia


ABSTRAK

Game menjadi sangat beragam jenisnya dan
populer karena minat dari user sendiri. Game tadinya
hanya dimainkan untuk sekedar melepaskan penat
dari pekerjaan. Tetapi sekarang game menjadi sangat
digemari karena beragamnya jenis aplikasi yang
ditawarkan. User bisa memilih aplikasi game yang
disukai berdasarkan kriteria yang diinginkan,
misalnya petualangan, strategi, dan lain-lain.

Pada kali ini, kita mencoba membahas tentang
game “Sudoku” yang memungkinkan user untuk
memasukkan angka yang tepat pada kotak – kotak
yang telah tersedia dan menganalisa penerapan
algoritma backtracking sebagai salah satu cara
penyelesaian persoalan pada game ini.
Melalui pembahasan dalam makalah ini, algoritma
backtracking (runut balik) digunakan pada saat
program diminta untuk menyelesaikan permainan
dengan mengisikan angka – angka tertentu yang
memenuhi fungsi batasan pada kotak – kotak yang
masih kosong (belum diisi user). Jika dalam proses
pengisian ternyata terjadi ketidaksinambungan maka
akan dilakukan proses backtracking (runut balik).


1. PENDAHULUAN

Permainan atau game sudah merupakan kegiatan yang
hampir disukai oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia.
Dengan berkembangnya berbagai bentuk game, baik
berupa game yang tradisional maupun yang sudah
menggunakan teknologi yang canggih, game menjadi
sangat populer di berbagai tempat.
Salah satu bentuk game yang sudah tidak asing lagi adalah
game komputer. Game disini merupakan aplikasi yang
cukup diminati sebagai ajang refreshing bahkan olah otak.
Bahkan tidak jarang, aplikasi game pada komputer
menimbulkan kecanduan bagi user sehingga
mengembangkannya sebagai hobi yang menantang.
Salah satu aplikasi game yang sering dijumpai adalah
Game ”Sudoku”. Game ini pada dasarnya merupakan
suatu aplikasi game yang memungkinkan user mengisi
angka pada kotak – kotak yang telah tersedia berdasarkan
fungsi batasan yang dimiliki game ini.
Pada makalah ini, analisa penulis berkenaan dengan
pengisian angka - angka ke dalam kotak yang telah
disediakan oleh program sebagai player. Dalam proses ini,
algoritma yang dipergunakan adalah algoritma
backtracking (runut balik) yang menangani
ketidaksinambungan yang dapat terjadi jika memasukkan
angka pada kotak yang salah.

METODE

1. Deskripsi Umum Game Sudoku

Sudoku merupakan salah satu permainan yang sangat
populer. Pada permainan ini akan terdapat kotak besar
yang disusun oleh kotak-kotak kecil. Kota kecil akan
tersusun oleh n2 space sebagai tempat untuk
memposisikan angka. Kemudian kotak – kotak kecil
terebut akan menyusun kotak besar sehingga ukuran kotak
besar adalah n2 x n2.

output pada tengah permainan :






Selengkapnya clik disini..

 
template by suckmylolly.com