Selasa, 17 Maret 2009

Aplikasi struktur data The Minimax Game Tree pada permainan catur

oleh :

Abdul Gapur
Departemen Teknik Informatika.
Institut Teknologi Bandung


Abstrak
Permasalahan yang timbul selalu diharapkan mempunyai solusi yang bagus. Walaupun sebenarnya algoritma
selalu berkembang untuk suatu permasalahan-permasalahan yang berbeda. Perkembangan algoritma sesuai
dengan kebutuhannya pada dunia intelijensi buatan. Permainan yang berbasis pada giliran pemain. Salah satu
algoritma yang cukup mangkus pada saat ini adalah Branch and Bound yang diimplementasikan pada struktur
data The Minimax Game Tree. Dengan konsep utama terletak pada semua kemungkinan yang bisa ditelusuri
pada permainan. Dalam hal ini, permainan catur dapat menggunakan algoritma ini karena permainan dapat di
implementasikan dalam sebuah pohon. Pohon yang mempunyai cabang yang terdiri dari simpul-simpul yang
menyatakan status-status yang nantinya digunakan untuk menentukan langkah dalam pencarian tujuan
permainanan.


Kesimpulan

Algoritma ini dapat dimanfaatkan sebagai otak dari
permainan dalam intelijensi buatan. Dengan adanya
algoritma ini. Salah satu dari jenis permasalan yang
melibatkan pencarian (searhing) akan lebih mudah
dan lebih efisien dibandingkan beberapa algoritma
yang sejenis yang menggunakan pohon seperti DFS
atau BFS.
Masih terdapat kekurangan pada algoritma The
Minimax Game Tree ini. Seperti yang terdapat pada
pembahasan yang telah dipaparkan diatas. Tetapi
walaupun pada saat ini The Minimax Game Tree
merupakan salah satu algoritma yang mangkus
untuk menyelesaikan permainan yang berbasis


selengkapnya...click disini



0 komentar:

 
template by suckmylolly.com