Selasa, 17 Maret 2009

jurnal 3

Penyelesaian Permainan “Pacman” yang disederhanakan dengan Algoritma
Backtracking

oleh : Anis Istiqomah

Pacman adalah video game terpopuler
sepanjang masa. Game ini dimainkan di lebih dari
100.000 arkade (mesin game berbasis koin) pada tahun
pertama rilisnya dan menghasilkan pendapatan
sebesar satu miliar dolar A.S. Ide pembuatan game ini
sebetulnya sangat sederhana. Karena melihat sepotong
pizza yang hilang dalam loyangnya, programmer Toru
Iwatani terpikir untuk mengembangkan game pacman
yang karakternya mengacu pada pizza di loyangnya.
Pada perkembangannya, budaya pacman,
yang selanjutnya dikenal sebagai wabah "Pacmania",
semakin menjalar. Pasalnya ini adalah game pertama
yang menggunakan tokoh sentral. Setelah itu,
karakter pacman muncul di mana-mana. Mulai dari
acara televisi, mainan, bungkus makanan, t-shirt,
sampai lagu Pacman Fever ciptaan Jerry Buckner dan
Gary Garcia pun jadi hit.
Masalah dalam permainan pacman dapat
diselesaika dengan berbagai cara. Salah satunya
adalah dengan algoritma backtracking. Algoritma ini
dipakai agar pacman berhasil memakan semua
makanan dalam game.

METODE

Untuk menyelesaikan masalah ini, digunakan
algoritma backtracking. Pacman akan berjalan di dalam
labirin. Jika menemui jalan buntu atau jalan yang akan
dilalui sudah tidak memiliki makanan, maka pacman akan
melakukan backtracking ke langkah sebelumnya sampai
ditemukan jalan yang belum dilalui. Hal ini terus
dilakukan sampai pacman memakan semua makanan yang
ada di sepanjang labirin.

selengkapnya...

0 komentar:

 
template by suckmylolly.com